Monday, July 21, 2014

Menganalisa 3C (Costumer, Company and Competitor)

Menganalisa 3C (Costumer, Company and Competitor) 




(merefleksikan analisa 3C di dunia KOPERASI)

Costumer :
Adalah orang melakukan pembelian barang maupun jasa dimana terdapat terjadi transaksi jual beli.Seperti yang kita ketahui permintaan produk, barang dan jasa kian hari semakin meningkat.Ini disebabkan banyak faktor penunjang utama:
1).Financial Income
2).Rupiah Value
3)Trend/Life style
3).Produk Heterogen
4).Kebutuhan Barang
Seperti yang tergambarkan disana bahwa kebutuhan akan semakin meningkat, seperti Koperasi Mahasiswa(KOPMA) dimana yang terdapat dalam Koperasi ini seperti :
1).Peralatan Tulis
2)Makanan Ringan
3)Isi Binder
4)Gantungan Kunci
5)Minuman Botol
6)Map
7).Simpan Pinjam dll.

Dimana Simpan Pinjam ini sudah lama diterapkan namun akhir ini tidak berjalan,mengenai Simpan Pinjam Koperasi adalah koperasi yang kegiatannya hanya usaha simpan pinjam.

Kegiatan usaha simpan pinjam adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghimpun dana dan
menyalurkannya melalui kegiatan usaha simpan pinjam dari dan untuk anggota koperasi yang
bersangkutan, calon anggota koperasi yang bersangkutan, koperasi lain dan atau anggotanya.
 yang telah dirintis bersama mengalami peningkatan dan penurunan daya beli konsumen dimana akhir-akhir ini daya beli konsumen lebih condong kepada kompetitorlain yang menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Pokok persoalaan terdapat :
1).Daya Beli Konsumen
2).Kompetitor/Pesiang
3).Produk yang ditawarkan beranekaragam.

Solusi Permasalah :Dimana lebih berinovasi dalam produk barang yang laku dipasaran atau lingkungan sekitar(memahami konsumen)

Company :
Koperasi Mahasiswa (KOPMA)


Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang kegiatannya hanya usaha simpan pinjam.

Kegiatan usaha simpan pinjam adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghimpun dana dan
menyalurkannya melalui kegiatan usaha simpan pinjam dari dan untuk anggota koperasi yang

bersangkutan, calon anggota koperasi yang bersangkutan, koperasi lain dan atau anggotanya.
 Dasar-Dasar Koperasi adalah : memberikan wawasan ataupun informasi agar para pengurus atau anggota koperasi khususnya dan masyarakat umum lebih mengenal sosok koperasi.

Barang yang terdapat di KOPMA :
1).Peralatan Tulis
2)Makanan Ringan
3)Isi Binder
4)Gantungan Kunci
5)Minuman Botol
6)Map 
7).Simpan Pinjam dll.

Tujuan KOPMA : Memajukan kesejahteraan anggota 

Persaingan harga, kualitas dan kuantitas adalah menjadi dasar kami dalam memasrkan barang jual.

Menjadi ciri Koperasi adalah :
1).Simpanan Pokok adalah : simpanan yang di bayar setahun sekali atau sekali selama menjadi anggota. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi. Simpanan hanya bisa di ambil kembali ketika keluar dari keanggotaan Koperasi.

2).Simpana Wajib adalah : simpanan yang wajib di bayar sebulan sekali. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi. Simpanan hanya bisa di ambil kembali ketika keluar dari keanggotaan Koperasi.

3).Simpanan Suka Rela adalah : simpanan yang besarnya tidak di tentukan, tetapi bergantung kepada kemampuan anggota.Simpanan sukarela dapat di setorkan dan diambil setiap saat.

4).Pinjaman adalah : layanan yang di berikan kepada anggota. Besarnya bisa di lihat dari saldo simpanan anggota atau di tentukan pengurus dan anggota koperasik.

5).Jasa Pinjaman adalah : biaya yang di kenakan kepada anggota yang meminjam yang besarnya di tetapkan oleh anggota dan pengurus koperasi dalam rapat anggota.(jika flat/jasa menurun)

6).Jasa pinjaman menurun dihitung dari saldo (sisa) pinjaman

Solusi Permasalahan : Harus meningkatkan SDM dalam mebangun KOPMA, Membuat anggaran pembelajaan yang benar sehingga hasil dapat diberikan kepada anggota sehingga dapat melakukan berbagai simpanan dan pinjaman karena memiliki dasar modal kuat dan berinovasi dalam pangsa pasar.

Competitor:
Pelaku Usaha :
 1).Pedagang Kaki Lima
 2) Toko Serba Guna
 3) Tempat Fotocopy
 4) Warung

Semakin merebaknya kompetitor menjadi persaingan pangsa pasar semakin ketat menimbulkan menurunkan harga barang supaya laku terjual.
kompetitor adalah pesaing dalam usaha maka semakin banyak kompetitor semakin sempit pangsa pasar namun hal ini jangan menjadi kendala dan jangan takut.
karna itu akan semakin menujukkan bahwa kitalah yang terbaik dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas. 

Solusi Permasalan : Jadikanlah kompetitor sebagai motivasi kita dalam meningakatkan mutu dan kualitas kita dimata kompetitor







No comments:

Post a Comment