STP
Segmentation, Targeting & Positioning
Dalam menganalisa suatu model segmentasi yang tepat dibutuhkan :
1).Analisa yang kuat
2).Target jangka panjang
3).Pola Manajemen yang baik
Seperti contoh segemen pasar yang saya jalani yaitu KOPERASI dimana berorientasi terhadap segemen pasar dilinkungan mahasiswa.Dimana segementasi ini ada karena terjadi peningkatan kebutuhan produk/barang dilingkungan kampus, sehingga terbentuklah KOPERASI yang mana dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dilingkungan kampus, target utama konsumen adalah mahasiswa.
Target adalah upaya untuk mencapai keinginan/tujuan dari suatu usaha dan mengetahui keadaan pasar sehingga sasaran yang dituju tidak salah.Tentu setiap kita menentukan target usaha masing-masing, tidak banyak dari kita juga gagal menargetkan.Seperti yang sudah kita ketahui bahwa yang bisa melihat pangsa pasar dia yang akan menempati urutan pertama.
Beberapa aspek untuk mencapai target sukses:
1).Membuat perencanaan yang tersusun
2).Melihat pangsa pasar
3).Pembukuan yang baik
Target utama usaha yang saya jalani adalah memberikan pelayanan dan produk/barang yang baik terhadap konsumen sehingga mendapatkan keuntungan besar dimana target utama konsumen adalah mahasiswa.
Penempatan dimana berguna untuk menempatkan usaha yang kita jalani secara tepat sehingga pangsa pasar akan membidik konsumen kepada usaha kita, sehingga penempatan yang baik akan mendatangkan konsumen ini ada karena peningkatan kebutuhan konsumen.Seperti usaha yang saya jalani menempatkan pada mahasiswa sebagai konsumen dimana memnuhi kebutuhan mahasiswa.Sehingga tidak ada pilihan untuk membeli barang di KOPERASI, selain harga terjangkau kualitas dijamin oke.
No comments:
Post a Comment